Gejala Penyakit Kusta

Gejala Penyakit Kusta – Penyakt kusta atau penyakit lepra adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang dapat menyebabkan kecacatan tubuh. dan penyakit kusta juga selain dapat menyebabkan kecacatan tubuh juga dapat menyebabkan seseorang penderita mengalami mati rasa sehingga luka separah apapun tidak akan terasa. Dan penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya bakteri mycobacterium leprae.

Dan kelompok yang akan beresiko tinggi dapat terkena kusta adalah kelompok orang yang tinggal di daerah endemik dengan suatu kondisi yang sangat buruk seperti pada tempat tidur yang tidak

memadai, air yang tidak bersih, asupan gizi yang sangat buruk, dan adanya penyertaan penyakit lainseperti HIV yang dapat bisa menekan sistem imun. Dan pria memiliki tingkat terkena kusta dua kali lebih tinggi dari pada wanita.

Dan ada beberapa macam tipe kusta yaitu tipe Pausi Bacillary atau dapat disebut juga dengan penyakit kusta yang kering adalah jika ada bercak keputihan seperti panu dan mati rasa atau kurang merasakan sesuatu, permukaan bercak kering dan kasar serta tidak berkeringat, dan tidak tumbuh rambut atau bulu bercak pada kulit antara 1-5 tempat. Dan hasil pemeriksaan bakteriologis negatif dan tipe kusta seperti ini tidak lah menular.

Sedangkan kusta tipe multi bacillary atau dapat disebut juga dengan jenis kusta basah dan cirinya adalah timbul bercak putih kemerahan yang dapat tersebar satu-satu atau merata diseluruh kulit badan, terjadi penebalan dan pembengkakan pada bercak, dan bercak pada kulit akan lebih dari 5 tempat, kerusakan banyak syaraf tepi dan hasil pemeriksaan bakteriolog positif. Tipepenyakit kusta ini bisa sangat mudah menular.

Gejala Penyakit Kusta

Gejala Penyakit Kusta

Penyebab Penyakit Kusta adalah sebagai berikut :

Penyebab Penyakit Kusta adalah adanya suatu kuman mycobacterium leprae, hal ini merupakan bakteri yang berbentuk batang dan tahan akan asam, dan bakteri ini sangat perlu sel inang untuk dapat berkembang biak, dan ukurannya lebar 0,3 hingga 1 mikrometer dan panjang hingga 8 mikrometer. Dan umumnya bakteri ini ditemukan pada manusia, binatang armadilo dan juga pada tempat-tempat tertentu saja seperti pada tumbuhan sphagnum moss. Dan kemudian bakteri ini akan memproduksi racun yang tidak diketahui dan juga dapat beradaptasi untuk menembus dan hidup di dalam sel darah putih manusia yang berfungsi dalam memakan kuman dan dapat juga akan hidup diluar tubuh manusia selama berbulan-bulan.

Dan adapula cara penularannya pun belum diketahui dengan pasti, tetapi paling tidak mungkin adalah penularannya dari udara pernapasan. Dan penularan juga dapat terjadi berhubungan dengan kemiskinan, tempat tinggal yang di pedesaan dan kepadatan penduduk. Namun kebanyakan orang secara alami kebal terhadap infeksi Penyakit kusta dan tidak menunjukan Gejala Penyakit Kusta setelah terinfeksi. Adapula bentuk kusta yang sangat parah (lepromatous leprosy) dan lebih sangat sering ditemukan pada pria dibandingkan dengan wanita dan jarang sekali ditemukan pada anak-anak.

Gejala Penyakit Kusta diantara nya adalah :

  • Gejala Penyakit Kusta yang pertama adalah adanya bercak kulit yang berbentuk seperti koin yang dimana pada tempat bercak tersebut hilang atau berkurangnya kemampuan kulit untuk merasakan sensasi sentuhan, nyeri, panas, atau dingin (mati rasa)
  • Akan merasa kehilangan kemampuan syaraf yang terkena infeksi untuk merasakan sensasi dikulit juga merupakan Gejala Penyakit Kusta.
  • Akan merasa lemas dan kelemahan otot.
  • Foot drop atau clowed hand ( tangan seperi mencakar) hal tersebut akan disebabkan nyeri akibat kerusakan syaraf yang cepat.
  • Adanya perubahan bentuk dari anggota gerak maupun struktur wajah akibat dari rusaknya syaraf.
  • Kulit pada wajah akan berubah dan akan menjadi tebal (pada jenis kusta lanjut)
  • Dan yang terakhir Gejala Penyakit Kusta akan mendapatkan luka yang umumnya pada tangan dan kaki.

Pengobatan Penyakit Kusta secara alami :

Dengan menggunakan umbi bidara, cara membuat : siapkan bahan umbi bidara upas ¾ jari, air matang 4 sendok makan, dan madu 2 sendok makan, cara penggunaan nya : umbi bidara upas ini dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diparut, dan tambahkan air matang lalu peraslah dan kemudian saring. Air saringan ini ditambahkan dengan madu. Ramuan ini dipakai untuk cara mengobati penyakit kusta secara alami yang dibagi menjadi tiga bagian untuk kemudian diminum sebanyak 3 kali dalam sehari teratur. Ampas dari parutan umbi tersebut kemudian ditempel pada bagian yang sakit.


>>> Obat Kusta Herbal dan Tradisional Super Green Plus G2 untuk Pengobatan Penyakit Kusta, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Penyakit Kusta and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *